Asal usul dan sejarah buah tin

sejarah buah tin
Buah Tin

Dari ribuan bahkan jutaan jenis buah yang ada di dunia, mungkin buah tin merupakan salah satu buah yang istimewa, jika dilihat dari banyaknya manfaat dan sejarah buah tin itu sendiri. Berikut beberapa informasi mengenai asal usul dan sejarah buah tin yang membuat buah tersebut istimewa:

Fenomena Buah Tin.

Buah tin merupakan salah satu buah dari dua buah yang disebutkan dan ada dalam Al-Qur’an selain buah Zaitun yang membuat buah ini menjadi salah satu buah istimewa. Buah tin atau yang dikenal dengan nama latin Ficus Carica juga merupakan buah yang fenomenal dengan manfaatnya yang sangat besar dan sejarah buah tin itu sendiri. Meskipun begitu, banyak kaum muslimin yang hanya tahu dan mendengar nama buah tin tanpa mengetahui bentuk, rasa, dan sejarah buah tin itu sendiri. Fenomena buah tin sendiri sudah terjadi ribuan tahun sebelum masehi. Beberapa literature banyak yang menyebutkan bahwa fenomena buah tin sudah terjadi lebih dari 4.000 tahun yang lalu.

Sejarah buah tin sendiri dahulunya merupakan buah yang spesial dan khusus dihidangkan hanya untuk para raja dan bangsawan berkedudukan tinggi, sedangkan rakyat biasa tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi buah tin. Akan tetapi, seiring perkembangan jaman dan teknologi yang ada, sekarang buah tin lebih mudah dijumpai, dapat dibeli dengan harga yang relatif lebih murah, dan dapat dimakan oleh seluruh kalangan masyarakat.

Sejarah Buah Tin.

Banyak para ahli sejarah yang masih ragu dengan kepastian sejarah buah Tin yang sebenarnya. Tapi sebagian besar dari para ahli sejarah setuju bahwa buah tin berasal dari daerah Timur Tengah. Banyak literatur sejarah yang mengatakan bahwa buah tin berasal dari Arab Saudi lebih dari ribuan tahun yang lalu sebelum Masehi.

Dengan semakin berkembangnya perdagangan pada masa lalu dan semakin ramainya kegiatan pelayaran, buah tin mulai dikenalkan oleh para pedagang Timur Tengah di wilayah Eropa dan mulai dibudidayakan untuk dikonsumsi dan menjadi salah satu komoditas handal yang mahal. Selain karena rasa yang nikmat, tekstur yang enak dan manfaat buah tin yang sangat banyak, buah tin juga menjadi komoditas yang diburu dikarenakan keistimewaan buah tin yang hanya diperutukan untuk kalangan atas seperti para raja, keluarga kerajaan, dan bangsawan yang berkuasa serta keluarganya.

Sejarah buah Tin dan penyebarannya yang memakan waktu panjang dan selama ribuan tahun juga merupakan keistimewaan tersendiri dari buah ini, dimana tidak banyak jenis buah yang mampu seperti sejarah buah tin ini.

Varietas Buah Tin

Sebagaimana sejarah buah tin yang diuraikan sebelumnya, buah tin berasal dari daerah-daerah di Timur Tengah. Asal muasal buah tin ini berpengaruh besar pada varietas buah tin yang tersedia saat ini. Setidaknya ada sekitar lebih dari puluhan varietas buah tin, hanya saja terdapat sekitar 12 (dua belas) varietas unggulan dari buah tin yang paling banyak dikenal dan sudah tersebar luas di dunia. Varietas tersebut adalah 1. Buah Tin Yordan, 2. Buah Tin Ungu, 3. Buah Tin Palestina, 4. Buah Tin Red Turki, 5. Buah Tin Brown Turki, 6. Buah Tin Negronne, 7. Buah Tin Black Ischia, 8. Buah Tin Libya, 9. Buah Tin Black Turki, 10. Buah Tin Long Yellow, 11. Buah Tin Panace Tiger, dan 12. Buah Tin Flanders.

Varietas buah Tin tersebut mempunyai ciri khas sendiri mulai dari ciri fisik, tekstur, dan rasa. Walaupun terlihat hampir sama atau serupa, tapi tiap varietas buah tin mempunyai keunikan dan variasi rasa yang berbeda-beda.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *