Berbagai Jenis Bibit Pohon Tin

bibit pohon tin
Bibit Pohon Tin

Belakangan ini, pembudidayaan bibit pohon tin semakin marak dilakukan. Tentu saja karena buah yang juga dikenal dengan buah ara ini disebutkan dalam Al-Qur’an, sehingga menarik minat banyak orang untuk membudidayakannya. Pohon Tin sendiri berasal dari Arab dan kemudian menyebar ke berbagai benua di dunia. Bahkan karakter pohon tin yang sangat menyukai sinar matahari membuatnya tahan hidup di daerah tropis seperti Indonesia.

Pemilihan Bibit Pohon Tin

Jika Anda tertarik untuk membudidayakan pohon tin, Anda harus selektif dalam memilih bibit yang berkualitas. Pilihlah bibit pohon tin dengan ukuran batang minimal dua kali ukuran batang pensil. Perhatikan juga bagaimana perakarannya, apakah kuat atau tidak, banyak atau sedikit. Begitu juga dengan kondisi batangnya, cabang-cabangnya serta tunas daunnya. Akan lebih baik jika bibit memiliki daun yang sudah banyak dan masih segar.

Jenis-jenis Bibit Pohon Tin di Indonesia

Sebagai negara tropis, Indonesia sangat cocok sebagai tempat budidaya pohon tin. Menariknya, buah tin dapat berbuah terus-menerus. Jadi, jangan heran jika Anda melihat orang-orang dapat menikmati buah tin setiap hari. Pada dasarnya ada tiga jenis bibit pohon tin secara umum, yaitu Caducous, Persistent dan Intermediate. Cauducous memerlukan penyerbukan dari lebah, Persistent tidak memerlukan penyerbukan dan paling sering ditanam. Sementara Intermediate yang memerlukan penyerbukan di beberapa tempat.

Kurang lebih ada 800 varietas pohon tin yang diperkirakan oleh para ahli. Beberapa varietasnya yang sudah dikenal secara umum antara lain Green Yordan, Brown Turky, Black Mission, Purple Yordan, Black Ischia, Tena, Bellone, Pastilere, Flander, Conadria, Panachee, Calimyrna, dan Italian White Genoa. Selain itu, masih ada Negrone, Adriatik, Abicou, Madeline Deuxsassion, Baujossete, Daupine, Noire de Caromb, dan Grise Saint Jean. Adapun jenis-jenis bibit pohon tin yang disebutkan ini merupakan yang adaptif, produktif, berbuah matang, tahan cracking, berkulit cukup tebal, pertumbuhan bongsor, dan cocok untuk skala kecil maupun besar. Perlu diketahui, dari 800 varietas pohon tin yang ada, tidak semuanya dapat beradaptasi dengan iklim tropis Indonesia

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *