Cara Membuat Selai Buah Tin

selai buah tin
Selai Buah Tin

Dibandingkan selai stroberi dan nanas, selai buah tin terbilang masih kalah populer. Buah tin atau buah ara merupakan buah asli Arab Saudi yang sudah sejak lama dikonsumsi sebagai obat wasir dan asam urat. Buah tin sendiri dapat dimakan segar. Namun, karena buah tin tidak dapat bertahan lama, setelah dipanen, buah tin biasanya dikeringkan dan diolah menjadi makanan, di mana salah satunya adalah selai.

Khasiat Selai Buah Tin

Selai tin mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan seratnya mampu membantu menurunkan berat badan. Selain itu, ada juga omega 3, omega 6 dan kalium yang dapat mencegah serangan jantung koroner dan menjaga tekanan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi selai buah tin secara rutin, Anda juga akan terhindar dari risiko kanker kolon, kanker prostat, kanker payudara, dan osteoporosis (pengeroposan tulang). Masih banyak lagi khasiat luar biasa lainnya yang bisa Anda dapatkan dari buah tin yang rasanya manis seperti kurma ini.

Resep Selai Buah Tin

Dalam dunia kuliner, buah tin sering diolah menjadi selai dan isian biskuit. Dengan tekstur yang lembut, rasa yang manis, dan sensasi biji di dalamnya, menikmati roti bersama selai tin akan terasa enak. Untuk Anda yang hendak membuat selai buah tin, Anda membutuhkan 12 buah tin berukuran besar, air perasan lemon dari 1 buah lemon, kulit lemon, ¾ gula, dan ½ gelas air.

Caranya,  campurkan air dan gula di dalam panci lalu didihkan hingga gula larut. Kemudian, tambahkan buah tin, kulit lemon, dan air lemon, masak selama 1 jam sambil diaduk. Setelah mengental, simpan selai di dalam wadah kedap udara dan dinginkan. Perlu diketahui, selai hanya dapat bertahan selama 2 minggu di dalam lemari pendingin.

Selain resep di atas, Anda juga bisa mencoba resep lainnya dengan menggunakan cengkih dan kayu manis. Bahan yang dibutuhkan adalah 500 gram buah tin, 200 gram gula pasir, 200 ml air jeruk manis, 4 buah cengkih, 4 cm kayu manis, dan ¼ sendok teh garam halus. Campurkan seluruh bahan dan masak dengan api sedang sampai tekstur selai mengental. Setelah didinginkan, selai dapat langsung disajikan bersama roti.

Di Indonesia sendiri, ada 12 buah tin yang terkenal yaitu yordan, red palestine, red turki, tin ungu, brown turki, negronne, libya, black ischia, black turki, panache tiger, flanders, dan long yellow. Namun, di antara semua itu, buah tin yang paling terkenal adalah buah tin yordan. Jenis ini sering berbuah dan setelah matang, buahnya menguning. Dibandingkan jenis lainnya, rasa buah tin yordan juga terbilang paling manis. Sebenarnya ada juga buah tin brown Turki yang tergolong manis namun tidak semanis yordan. Jadi, jika kamu ingin membuat selai buah tin yang manis alami tanpa gula, kamu bisa memilih buah tin Yordan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *