Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan

manfaat buah tin
Buah Tin

Setiap jenis buah memiliki manfaat yang berbeda-beda, lantas apa sajakah manfaat buah tin untuk kesehatan? Buah tin memang terkenal akan manfaatnya yang begitu banyak. Juga karena buah ini mempunyai julukan sebagai buah surgawi. Desas desus tentang khasiat buah tin juga sudah mendunia.

Manfaat Buah Tin untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Nutrisi buah tin bisa dibilang cukup lengkap, termasuk berbagai macam vitamin dan mineral. Kandungan-kandungan inilah yang membut para ahli menganggap buah tin sebagai buah dengan ‘nutrisi super’ dan tak heran jika manfaat buah tin sangat banyak. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi buah tin?

Mencegah Jantung Koroner

Buah tin mengandung asam lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kandungan Omega-3 dan juga Omega-6. Lemak ini terbukti berperan cukup penting dalam pencegahan penyakit jantung koroner.

Mengikat Senyawa Sel Kanker

Hasil riset Universitas Rutgers di New Jersey membuktikan hal lain lagi. Penelitian Rutgers itu membuktikan kalau ternyata buah tin juga memiliki kandungan antioksidan yang membantu untuk mengikat senyawa karsinogen atau senyawa pemicu sel kanker.

Mengurangi Kadar Kolesterol

Buah tin terkenal sebagai salah satu buah yang banyak mengandung serat larut. Menurut para ahli, kandungan serat larut yang disebut pektin di dalam buah tin sangatlah memiliki khasiat untuk bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Baik untuk Penderita Diabetes

Rasa buah tin manis, tapi memang tidak terlalu manis. Tapi jangan khawatir, karena kandungan glukosa dan fruktosa di dalam buah tin tidak akan membuat kadar gula di dalam tubuh meningkat.

Mengatasi Anemia

Manfaat buah tin bagi anemia juga sangat baik. Buah satu ini juga dipercaya mampu membantu pembentukan hemoglobin atau HB di dalam darah. Dengan demikian, buah tin sangat berguna untuk mengatasi masalah seperti anemia atau kekurangan sel darah merah di dalam tubuh.

Mengatasi Sembelit

Sejak jaman dahulu kala, buah tin sudah banyak digunakan sebagai pencahar alami. Kandungan serat yang sifatnya laktasif ini dinilai mampu mengatasi sembelit yang kronis.

Mencegah Tulang Keropos

Osteoporosis merupakan salah satu jenis gangguan pada tulang yang sebenarnya bisa dicegah sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi buah tin. Buah ini diketahui mengandung kalsium yang cukup tinggi. Ahli gizi pun tidak memungkiri kalau kandungan kalsium dan fosfor buah tin lebih tinggi dari yang ada dalam susu.

Melihat berbagai macam penyakit yang bisa dicegah buah tin, mungkin akan membuat Anda mengerutkan dahi sejenak. Bagaimana bisa satu buah mampu mengatasi berbagai macam penyakit? Gelarnya sebagai buah surgawi tentu saja tidak berlebihan jika dilihat dari sejarah buah tin dan kemampuannya. Manfaat buah tin bisa menjamin kesehatan kita jika dikonsumsi secara rutin.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *